RSS

Dasar-dasar Administrasi

MATERI DASAR-DASAR ADMINISTRASI
      A.  PENGERTIAN ADMINISTRASI
1.  Secara Etimologis
a.  Dari bahasa Latin
Ad+ministrare yang dalam bahasa Inggris berarti to serve (membantu, memenuhi, melayani).
b.  Dari bahasa Perancis Kuno
Administer, artinya to manage = membina, to direct = mengendalikan.
c.  Dalam bahasa Italia
Mano, artinya tangan.
d.  Dalam bahasa Belanda
Administratie, artinya :
1). Sempit (catat mencatat)
·         Clericel werek : tulis menulis
·         Office werek : pekerjaan kantor
·         Paper werek : pekerjaan kertas
2). Penyelenggaraan pemerintah

2.  Menurut Para Ahli
a. Menurut Leonard D. White
                   Administrasi adalah suatu  proses yang biasanya terdapat pada semua usaha kelompok baik usaha pemerintah atau swasta, sipil atau militer baik secara besar-besaran atau kecil-kecilan.
b. Menurut Herbert Simon
                   Dalam pengertian terluas administrasi dapat dirumuskan sebagai kegiatan dari kelompok orang orang-orang yang berkerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

c. Menurut The Liang Gie
           Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan  penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh kelompok orang dalam kerjasama mencapai tujuan tertentu.

d. Menurut Miftah Thoha
           Administrasi adalah proses kegiatan penataan untuk kerjasama  sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.

3.  Definisi Umum
Administrasi adalah  segenap usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang telah diinginkan.

      B.  FAKTOR-FAKTOR ADMINISRASI
1.  Adanya sekelompok orang.
2.  Adanya kerjasama.
3.  Adanya tujuan yang telah  ditentukan

      C.  WUJUD KEGIATAN ADMINISTRASI
     Wujud kegiatan administrasi antara lain:
     1.   Merencanakan
     2.   Menyusun           
     3.   Mengurus           
     4.   Mengarahkan
     5.   Mengawasi
     6.   Menyempurnakan
     7.   Memutuskan
     8.   Mengatur
     9.   Memimpin
     10.Membimbing
     11.Mengendalikan

      D. UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI
     Unsur-unsur Administrasi Menurut The Liang Gie
     # Unsur Statis                          # Unsur Dinamis     
     1.   Organisasi                             1. Tata keragaan
     2.   Manajemen                            2. Tata pimpinan
     3.   Komunikasi                           3. tata hubungan
     4.   Informasi                               4. Tata keterangan
     5.   Personalia                             5. Tata kepegawaian
     6.   Finansia                                6. Tata keuangan
     7.   Materia                                  7. Tata perbekalan
     8.   Relasi Publik                         8. Tata humas

UNSUR-UNSUR ADMINSTRASI MENURUT MIFTAH THOHA (SECARA UMUM) :
1.   Organisasi
2.   Manajemen
3.   Tata hubungan
4.   Kepegawaian
5.   Keuangan
6.   Perbekalan
7.   Ketata usahaan
8.   Humas

0 komentar:

Posting Komentar